Tips Agar Mau Duduk Di Car Seat

Tips Agar Mau Duduk Di Car Seat

Saat berkendara mobil, sudah ada peraturannya bahwa anak seharusnya duduk di jok baris kedua. Namun, rasa keingintahuan anak yang sedang aktif pasti ingin melihat atau memegang segala sesuatu. Contohnya seperti tombol-tombol yang ada dashboard mobil.

Nah, bagi orang tua yang hendak berpergian dengan kendaraan pribadi, tentu saja penggunaan car seat pastinya sangat penting dan memang harus dipatuhi demi keselamatan si Kecil. Namun, tidak semua bayi bisa tenang di dalam car seat-nya. Sebenarnya bayi bisa tenang selama di perjalanan, berikut beberapa tips dibawah ini :

1.Latihan Dahulu

Biasakan untuk melatih bayi untuk duduk di car seat. Kamu bisa melepaskan car seat dari mobil dan letakkan di samping sofa. Hal tersebut langkah utama agar dia terbiasa dan nyaman. Dengan berlatih, lambat laun bayi akan terbiasa duduk berlama-lama di dalam mobil nanti.

2.Jika bayi menangis, alihkan perhatiannya.

Tidak semua bayi mudah dan cepat terbiasa dengan hal-hal baru. Begitupun dengan menggunakan car seat ini. Bahkan, tidak jarang saat melihatnyapun bayi sudah mulai menangis. Lalu bagaimana? Tenang, kamu bisa mengalihkannya dengan mainan kesukaannya atau memutarkan vidio animasi, dan mama mengencangkan sabuk pengamannya. Dia akan nyaman dengan sendirinya.

3.Jangan terlalu kencang mengikat sabuk pengaman bayi

Cek sabuk pengaman yang menempel pada tubuh bayi. Idealnya, Mama hanya bisa menyelipkan dua jari di antara sabuk dan tubuh si kecil. Jika Mama bisa menyelipkan lebih dari 2 jari, berarti sabuk terlalu longgar. Dan sebaliknya, jangan terlalu merekatkan sabuk pengamat terlalu ketat. Hal tersebut juga dapat membuat si kecil tidak nyaman,

4.Pastikan anak merasa nyaman

Anak harus merasa nyaman saat menggunakan car seat agar tetap tenang selama perjalanan. Selain car seatnya harus nyaman, Mama juga dapat memastikan bahwa tempat duduk lembut dan aman.

5.Temani anak di kursi belakang

Jika Mama tidak dalam keadaan mengemudi, Mama bisa duduk disamping car seat anak untuk menemani dan bermain bersama anak selama perjalanan. Buat suasana yang menyenangkan dan mengesankan.
6.Gantungkan cermin

Pasangkan cermin pada penghalang sinar matahri di bagian depan untuk menunjukan kepada si kecil bawa anda selalu bersamanya. Ketika bayi mulai menangis, sapalah dan hiburlah agar bayi tetap merasa nyaman.

Walaupun susah-susah gampang, Mama jangan menyerah dengan melepaskannya dari sabuk pengaman, ya Ma. Selamat berkendara, semoga selamat sampai tujuan.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Show Buttons
Hide Buttons