Perayaan Idul Adha Diberbagai Negara

Perayaan Idul Adha Diberbagai Negara

Sama halnya dengan tradisi dalam menyambut dan merayakan hari raya Idul Fitri. Perayaan hari raya Idul Adha juga sama-sama memiliki tradisi tersendiri dalam penyambutannya. Tidak hanya di Indonesia, Umat Muslim diseleruh dunia juga menyambut datangnya hari raya Idul Adha.

Nah, tentunya di setiap negara di dunia memiliki tradisinya tersendiri dalam merayakan Idul Adha. Apa saja sih tradisi tersebut? Simak berikut tradisi merayakan Idul Adha di berbagai negara.

1.China

Meskipun bukan negara yang mayoritas muslim. Namun, China menjadi salah satu negara yang perkembangan islamnya cukup pesat. Meskipun tidak semua penduduknya ikut merayakan Idul Adha namun penduduk China sangat memeriahkan perayaan tersebut. Biasanya, acara tersebut berlangsung selama empat hari.

Berbeda dengan Indonesia, di China hanya para prialah yang boleh melaksanakan Shalat Ied di Masjid. Sedangkan, wanita dilarang untuk melakukan shalat di Masjid. Ada yang unik dari perayaan penduduk China, yaitu adanya pasar dadakan yang diselenggarakan selama empat hari.

2.Pakistan

Sama halnya dengan perayaan di China, di Pakistan juga biasanya ditandai dengan libur selama empat hari. Semua penduduk fokus dalam melaksanakan kegiatan di masjid-masjid di pagi hari. Sama halnya dengan Indonesia, Pakistan juga melakukan penyembelihan hewan qurban yang lebih sering dilakukan oleh warga setempat.

3.Turki

Di Negara Turki, peryaan Idul Adha dikenal dengan sebutan “ama Baqri-Ied” atau lebih dikenal dengan festival sapi. Sama seperti negara-negara lainnya, Idul Adha dirayakan juga dengan liburan selama empat hari.

Meskipun tradisinya tetap sama memotong hewan kurban. Tetapi, penduduk Turki lebih suka memasaknya langsung menjadi baklava. Dan memberikan kependuduk lainnya dan fakir miskin yang membutuhkan.

4.Amerika Serikat

Seperti pada negara-negara lain pada umumnya. Penduduk setempat mendapat jatah libur selama 1-3 hari selama peringatan hari raya kurban. Sama halnya dengan Indonesia, penduduk juga fokus melaksanakan kegiatan di Masjid sejak pagi hari. Hanya saja, disini prosesi penyembelihan tak banyak dilakukan.

5.Singapura

Di Singapura perayaan Idul Adha juga diselenggarakan dengan cukup meriah sama seperti negara-negara lain. Masyarakat setempat akan menggunakan baju tradisional merayu saat hendak shalat Ied berjemaah dan mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi.

Gimana nih apa Sahabat Alif punya tradisi Idul Adha sendiri? Semoga dapat menambah wawasan kamu ya, meskipun tidak langsung mengunjungi negara-negara tersebut.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Show Buttons
Hide Buttons