Yamaha

YZF R1

Spesifikasi Yamaha  YZF R1
Mesin ·         Tipe Mesin : 4 tak, 16 Valves, DOHC, Liquid Cooled

·         Volume Silinder : 998 cc

·         Silinder :  4 silinder

·         Diameter x Langkah :  79 mm x 50,9 mm

·         Perbandingan Kompresi : 13,0 : 1

·         Daya Maksimum : 147.1 kW / 13.500 rpm

·         TorsiMaksimum : 112.4 Nm / 11.500 rpm

·         Sistem Strarter : Electric starter

·         Sistem Pelumasan : Basah

·         Sistem Pembakaran : Fuel Injection dengan teknologi YCC-T

·         Tipe Kopling : Multiplate Slipper Clucth

·         Sistem Transmisi : 6 speed

·         Tipe rantai : O-ring Chain

·         Kapasitas Oil : 3,9 liter

Dimensi ·         PxLxT : 2.055 mm X 690 mm X 1.150 mm

·         Berat Basah Motor : 199 kg / 179 kg (kering)

·         Jarak Sumbu Roda : 1.405 mm

·         Jarak terendah ke tanah : 130 mm

·         Tinggi Jok : 855 mm

·         Trail nya : 101 mm

·         Kapasitas tangki  BBM : 17 Liter

·         Sudut Kemudinya : 24 derajat

Rangka ·         Tipe Rangka : Deltabox Alumunium

·         Suspensi Depan : Inverted Fork 43 mm dari KYB

·         Suspensi Belakang : Single Shock / Piggyback Reservoir dengan 4 cara penyetelan dari KYB

·         Ban Depan : 120/70ZR 17M/C

·         Ban Belakang : 190/70ZR 17M/C

·         Rem Depan : Cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm

·         Rem Belakang : Cakram hidrolik tunggal dengan diameter 220 mm

Kelistrikan Sistem Pengapian : TCI

Disain dan Dimensi

All new Yamaha YZF R1 adalah jenis motor sportbike yang dirancang khusus dengan disain maupun teknologi yang canggih saat ini. Pada disain body motor ini dibuat karena terinspirasi dari motor andalan yahama di ajang balap bergensi Motor Gp yakni Yamaha YZF – M1. Disainnya kali ini sangat jauh berbeda dengan disain Yamaha yzf r1 tahun 2014.  Selain itu dengan disain body full fairing yzf r1 ini nampak lebih gagah serta lebih berani. Hal ini mampu menjadikan harga yamaha yzf r1 ini lebih mahal di bandingkan dengan harga yzf r1 di tahun 2014.

Sementara itu untuk mengimbangi disain body yang lebih futuristik yamaha melengkapinya dengan dimensi yang berukuran 2.055 mm x 690 mm x 1.150 mm dengan jarak antar sumbu roda sekitar 1.405 mm. Meski motor ini terlihat sangat besar akan tetapi motor sportbike ini hanya memiliki berat isi sekitar 199 kg dan pada kenyataannya motor ini lerbilang lebir ramping serta ringan dalam dikendarai. Sementar itu motor yzf r1 ini juga dibekali dengan tanggki BBM yang cukup besar sehingga mampu menanpung sekitar 17 liter bahan bakar.

Perfoma mesin

Sebagai motor dengan kelas wahid yang di buat oleh Yamaha, motor yamaha yzf r1 ini juga memiliki perfoma mesin yang cukup tangguh dan handal di kelas motor sport. Ini terlihat pada kapasitas mesin motor yang digunakannya, yakni dengan kapasitas mesin motor 998 cc, 4 tak, DOHC, 16 Valves serta di lengkapi dengan sistem pendinginan berupa Liquid Cooled motor yamaha yzf r1 ini mampu berakselerasi dengan cepat. Dengan kecepatan maksimum yang mampu dicapai hingga 300 km/jam. Tidak cukup sampai disitu, motor yamaha yzf r1 ini juga dilengkpi dengan teknologi canggih dari yamaha yakni Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) dan Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I).

Sementara itu motor superbike ini juga memiliki perbandingan kompresi yang cukup tinggi yakni 13,0 : 1 serta memiliki diameter piston dan stroke masing-masing  79 mm x 50,9 mm. Selain itu motor yamaha yzf r1 ini juga memiliki diameter Titanium Invake Valves dan Steel Exhaust Valves yang lebih lebar 33 mm di bandingkan dengan yamaha r1 versi lamanya. Dengan perbandingan kompresi tersebut dan dengan kapasitas mesin motor yang tinngi motor yamaha yzf r1 ini mampu menghasilakan tenaga maksimum hingga 147.1 kW dengan perputan pada mesin mencapai 13.500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya ialah 112.4 Nm dengan perputaran pada mesin mencapai 11.500 rpm.

Selain motor yamaha r1 ini terbukti sangat cepat dalam melakukan akselerasinya, ternyata motor yamaha yzf r1 ini juga terbukti sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar. Ini tidak lain berkat adanya teknologi Mikuni Fuel Injection System  dengan 2 buah injektor. Dengan adanya teknologi tersebut yamaha yzf r1 ini jadi lebih irit dalam pemakaian bahan bakar serta emisi atau gas buang yang dihasilkan pun menjadi lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan. Jika kita melihat dari segi spesifikasi mesin yang digunakan oleh yamaha yzf r1 ini, jadi pantas saja jika harga yamaha yzf r1 ini terbilang sangat mahal. Ini semua berkat adanya teknologi-teknologi canggih dan fitur-fitur modern yang dismartkan oleh yamaha pada motor andalannya yang bertajuk superbike ini.

Rangka dan Suspensi

Sebagai motor yang memiliki kapasitas mesin yang cukup besar serta memiliki bobot yang mencapai 199 kg, rasanya tidak seimbang jika rangka yang dipakai hanyalah sebuah rangka biasa. Dan untuk mengimbangi ukuran dimensi yang ada serta mesin yang cukup besar ini, yamaha membekalinya dengan rangka yang kuat dan berbahan baja alumunium. Jenis rangka tersebut adalah rangka yang bertipe Deltabox, rangka jenis ini terbukti sangat ringan akan tetapi sangat kuat untuk menopang mesin yang cukup besar dan juga spesifikasi lainnya yang terdapat pada motor yamaha ini. Dengan disamartkannya tipe dan jenis rangka tersebut tidak hayal jika harga yamaha yzf r1 terkesan lebih mahal di banding dengan versi lamanya.

Sistem rangka tersebut akan semakin nyaman saat di tunggangi sang pengendara, karena rangka tersebut dipadukan dengan suspensi dengan jenis Inverted Fork 43 mm untuk sektor depan motor ini. Sementara itu untuk bagian belakang mtor yamaha yzf r1 ini dilengkapi dengan sistem suspensi berjenis Single Shock / Piggy back Reservoir dengan 4 cara penyetelan. Suspensi tersebut merupakan suspensi yang tangguh dan juga handal di kelasnya. Berkat adanya kedua sistem suspensi tersebut menjadikan maotor yamaha ysf r1 ini lebih mudah digunakan dalam melakukan manuver dan tetap stabil dalam melewati tikungan meskipun menggunakan kecepatan yang tinggi.

Sistem Pengereman Dengan Teknologi ABS dan UBS

Untuk menghentikan laju dari motor yamaha yzf r1 yang terkenal cepat dan lincah ini yamaha kembali membekali motor sportbike ini dengan sistem pengereman dengan teknologi yang canggih. Dengan mengandalkan rem berjenis cakram di kedua rodanya yang masingmasing memiliki ukuran 120/70ZR 17 M/C untuk roda bagian depan serta ukuran 190/70ZR 17 M/C untuk roda bagian belakangnya. Serta terdapat rem cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm untuk rem bagian depan. Sedangkan untuk rem bagian belakang menggunakan rem cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm.

Untuk sistem pengereman ini dirancang khusus sebagai sistem pengereman dengan level yang tinggi. Ini dibuktikan dengan diterapkannya teknologi canggih dari yamaha yakni Anti-Lock Braking System (ABS) dan Unified Braking System (UBS). Kedua teknologi canggih tersebut akan bekerja secara bersamaan untuk mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan pengereman, terutama pada saat terjadi pengereman secara mendadak. Dengan banyaknya teknologi canggih yang di terapkan pada motor ini tidak heran jika harga motor yamaha yzf r1 ini di banderol dengan harga yang fantastis.

PESAN SEKARANG

WR 250R

Spesifikasi Yamaha WR250R
Mesin ·         Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Katup, 6 Kecepatan Dengan Sistem Pendingin Udara

·         Silinder : Silinder Tunggal

·         Diameter x Langkah : 77 x 53,6 mm

·         Perbandingan Kompresi : 11,8:1

·         Daya : 3o DK /10.000 rpm

·         Torsi :2,4 kgf.m / 8500 rpm

·         Strarter : Elektrik starter

·         Perbandingan Rasio Koperhensi 11,8:1

·         Kapasitas Oli 1,5 liter

Dimensi ·         Dimensi (PxLxT) : 2175 x 810 x 1230 mm

·         Berat isi: Tromol : 96 kg, Disc brake : 98 kg

·         Jarak Sumbu Roda : 1420 mm

·         Jarak terendah ke tanah : 300 mm

·         Tinggi Tempat Duduk : 930mm

·         Kapasitas tangki : 7,6 Liter

·         Berat Motor 134 kg

Rangka ·         Tipe Rangka : Semi Doble Cradle.

·         Suspensi Depan : Upside

·         Suspensi Belakang : Link- Suspension Monocross

·         Ban Depan : 70/90 – 17 38P

·         Ban Belakang : 80/90 – 17 44P

·         Rem Depan : Cakram

·          Rem Belakang : Cakram

Kelistrikan ·         Sistem Pengapian : DC CDI

·         Battery : YB5L-B/GM5Z-3B

·         Tipe Busi : NGK/C6HSA

Dimensi Dan Desain

Memiliki dimensi trail sebagai motor dual purpose Yamaha WR250R ini memiliki dimensi yakni 2175x810x1230 hal ini akan membuat motor ini mudah untuk melibas aspal maupun jalan offroad, Yamaha WR250R ini juga memiliki jarak sumbu antar roda yakni 1420 mm dan jarak ke permukaan tanah terendah adalah 300mm cocok juga untuk menghadapi banjir, sangat cocok buat sobat otomotif yang hobi bermain motorcross maupun kebut kebutan di jalan aspal.

Dengan berat kosong hanya 134 kg hal ini membuat tingkat kontroling yamaha wr250r tergolong cukup mudah, hal ini dikarenakan Yamaha menggunakan bahan-bahan yang ringan tapi sangat berkualitas ditambah dengan kapasitas bensin mencapai 7,5 liter yang akan membuat penggendara bisa berlama-lama dengan kuda besinya, cocok sekali untuk sobat otomotif yang suka berkendara jauh untuk touring dengan motor ini mungkin akan lebih asik apalagi jika biasanya menjelajahi alam dan sekarang mencoba jalan raya.

Performa Mesin

dengang suspendi Upside Down 46 mm dari kayaba dan belakang link susupension Monocross yang masing masing bisa diatur secara manual, hal ini memungkinkan sobat Otomotif menjumpingkan motor tanpa khawatir dengan suspensi depan atau bahkan aktivitas yang lebih berat contoh saja dengan mendaki gunung ataupun bukit atau yang lainnya. dengan mesin 250 cc khas motor cross sudah sepatutunya motor ini memiliki tenaga yang sangat tangguh dengan performa terbaik.

Motor yamaha WR250R terimpirasi dari motor dari kompetisi WR-F dan YZ-F, jadi tidak mengherankan jika ada part trail terpasang pada Yamaha WR250R salah satu contohnya adalah pada suspensi, suspensi pada motor ini adalah yang terbaik bahkan jika di bandingkan dengan motor trail lainnya, dengan mesin 250 cc single silinder, 4 katup, 4 tak, DOHC, 6 kecepatan dengan sisitem pendinginan berupa cairan (liquid cooled), dengan menerapkan Titanium intake valves, forged piston dan cermic planted cylinder merupakan teknologi unggulan dari Yamaha.

Rangka Dan Suspensi

Motor yang terinspirasi dari kompetisi dunia ini tidak mengherankan jika ada suspensi yang memiliki performa lebih baik bahkan jika dibandingkan dengan motor trail di kelasnya, cocok sekali jika di padukan dengan mesin 250 cc dengan susupensi yang tangguh dan mesin yang kuat sudah selayaknya motor ini patut sobat otomotif pertimbangkan, dengan power maksimum yang cukup besar yakni 30 dk pada putaran 10000 rpm dan torsi maksimum sebesar 2,4 kgf pada putaran 8500 rpm dengan spec mesin seperti itu.

Dengan rem tunggal 2 kaliber piston 250 mm yang terpasng pada bagian depan dan rem cakram tunggal 1 kaliber piston 230 mm yang bertipe “Wave Style” untuk menghasilkan pengeraman yang optimal, dengan dua rem yang maksimal ini membuat motor ini terasa kuat saat mengerem baik di medan offroad maupun on road,dengan rem yang terpasang kuat pada roda velg jari berukuran 21 inci dan 18 inci dengan menggunakan ban 80/100 -21m/c 51P untuk depan dan 120/80 – 18m/c 62p untuk belakang.

Kelistrikan Dan Fitur

Dengan hanya menggunakan Electric starter dan menggunakan pengapian DC CDI, hal ini cocok karena si trail ini memiliki body yang ramping dan juga tinggi, jok atau tempat duduk saja mencapai 930 mm bagi sobat otomotif yang memiliki tubuh yang tinggi tentunya tidak menjadi masalah, untuk konsumsi bahan bakar juga terbilang irit semua berkat pegaplikasian dari tekologi fuelinjeksien dengan angka 29km/liter, angka yang terbilang cukup irit untuk motor cross.

PESAN SEKARANG

R25

Spesifikasi Yamaha R25

Mesin ·         Tipe : 4 Langkah berpendingin cair, DOHC-8valve

·         Jumlah / Posisi Silinder : 2 silinder / Tegak

·         Diameter x Langkah : 60,0 x 44.7 mm

·         Perbandingan Kompresi : 11,6 : 1

·         Daya Maksimum : 27,2 kW / 1.200 rpm

·         Torsi Maksimum :23,2 Nm / 10.000 rpm

·         Sistem Strarter : Elektrik starter

·         Sistem Pelumasan : Basah

·         Kapasitas Oli Mesin : Total : Total = 2,40 L

·         Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat

·         Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection

·         Tipe transmisi : Return 6 kecepatan

·         Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6

Rangka ·         Tipe Rangka : Diamond

·         Ban Depan : 110/70 – 17 M/C

·         Ban Belakang : 140/70 – 17 M/C

·         Suspensi Depan : Teleskopik

·         Suspensi Belakang : Swing Arm

·         Rem Depan : Cakram hidrolik, piston ganda

·         Rem Belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal

Dimensi ·         P x L x T : 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm

·         Jarak Sumbu Roda : 1380 mm

·         Jarak terendah ke tanah : 160 mm

·         Tinggi Tempat Duduk : 780 mm

·         Berat isi : 166 kg

·         Kapasitas tangki bensin : 14,3 L

Kelistrikan ·         Sistem Pengapian : TCI

·         Battery : GT28V

·         Tipe Busi : NGK/CR93

Review Yamaha R25

Yamaha memang sangat mengerti akan apa mau para pecinta otomotif dengan cara mendesain R25 ini dengan konsep meruncing. Apabila di lihat R25 ini sangat mirip sekali dengan motoGP yang pernah menjadi juara dunia pada kelasnya yaitu jorge lorenzo. Kemudian pada bagian lampunya menggunakan dua lampu yang sangat mewah, desain ini memang desain terbaru dari yamaha yang di sebut juga dual Predator head light dengan bentuk yang sangar dan mirip sekali dengan predator yang ingin memangsa. Untuk bagian lampu belakang menggunakan super sport LED tail light, dengan full LED akan terlihat sangat mewah dengan dua lampu seinnya. Dan pada bagian speedometer yang di desain dengan teknologi canggih yang di sebut supersport speedometer yang di bagi menjadi 3 bagian yang sangat memudahkan saat berkendara. Serta Desain Tangki yang lebih tingi dengan di padukan denagan tempat duduk dengan desain split seat, sangat terlihat mewah dan sangat nyaman saat berkendara baik sendirian atau boncengan.

Performa mesin

Kemudian kita beralih kebagian yang perlu di ketahui untuk anda para pecinta otomotif yaitu pada bagian dapur pacunya R25. Bila dilihat pada spesifikasi pada mesin R25 ini memang sangat mantap, dengan di bekali mesin bertipe 4 langkah 8 valve DOHC dengan berkapasitas 250 cc. dengan jumlah 2 silinder tegak yang berdiameter langkah 60,0 x 44,1 mm, dengan perbandingan komperasi 11,6 : 1. Dengan mesin sebesar itu, pastinya mesin lebih cepat panas. Untuk itu pada mesin R25 di beri pendingin dengan menggunakan teknologi  Liquid cooled yang berguna untuk menyetabilkan suhu pada saat mesin panas.

Yamaha R25 memiliki performa maxsimal yang mampu mencapai kecepatan 26.5 kW atau 36 PS pada 12.000 rpm, sedangkan untuk torsi mampu mencapai maxsimal 22,6 Nm pada 10.000 RPM. Dan juga di berikannya teknologi full injection dapat membuat pembakaran yang sempurna sehingga mesin dapat bekerja dengan maxsimal dan tentunya irit bahan bakar walaupun mesin besar sekalipun. Untuk kopling pada mesin R25 menggunakan tipe kopling basah atau multiplat. Kemudian pada bagian tranmisi yamaha R25 ini menggunakan metode transmission 6 speed dengan pola 1-N-2-3-4-5-6.

Dimensi

Bagian pada suspensi untuk depan yamaha masih tetap menggunakan teleskopic dan untuk suspensi bagian belakang menggunakan swing arm atau biasa di sebut dengan mono cros, sistem suspensi ini dapat menstabilkan laju kendaraan dalam keadaan jalan bergelombang maupun pada saat kecepatan tinggi. Untuk bagian ini yamaha sendiri menggunakan sistem yang terbaik, karena bagian ini merupakan bagian yang palin penting. Untuk pengereman bagian depan menggunakan foalting front disc brake sistem pengereman ini memang sudah teruji dan sangat aman bila mengerem dalam kecepatan tinggi atau pada saat tikungan tajam sekalipun.

Kemudian pada bagian roda yamaha R25 ini di bekali dengan velg lebar yang berbahan almunium dan di balut dengan ban tapak lebar, sehingga membuat performa R25 ini menjadi semakin sporty dan gagah. Kemudian Pada rangka R25 dengan menggunakan tipe diamond, rangka ini mampu menopang beban dan menstabilkan saat motor ini mencapai kecepatan yang maxsimal. Serta kelistrikan menggunakan sistim TCI. Sistem ini merupakan teknologi terbaru dari yamaha yang sangat membantu kinerja mesin menjadi lebih sempurna.

PESAN SEKARANG

R15

Spesifikasi All New Yamaha R15 2017

 

Dimensi 1.990 X 725 X 1.135 mm
Tinggi Tempat Duduk 815 mm
Jarak Sumbu Rod 1.325 mm
Berat 137 kg
Tipe Mesin Liqquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Jumlah Silinder Single Cylinder
Volume Silinder 155,1 cc
Bore X Stroke 58 X 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum 14,2 kW (19,3 HP) @ 10.000 rpm
Torsi Maksimum 14,7 Nm @ 8.500 rpm
Sistem Starter Electric
Kapasitas Bahan Bakar 11 Liter
Sistem Pembakaran Fuel Injection
Clutch Type Wet Type Multi-Plate Clutch
Ukuran Ban Depan 100/80-17 M/C 52P
Ukuran Ban Belakang 140/70-17 M/C 66S
Suspensi Depan UpSide Down
Suspensi Belakang Aluminium Rear Arm

 

Desain dan Demensi

Setiap sisi All New R15 tampak berbeda dibandingkan pendahulunya. Hal ini tak lepas dari DNA Yamaha R-Series yang diadaptasikan pada motor ini. Untuk dimensinya sendiri, All New R15 memiliki ukuran panjang 1.999 mm, lebar 725 mm, ketinggian 1.135 mm dan bobot keseluruhannya mencapai 137 kg. Kemudian untuk tinggi tempat duduknya mencapai 815 mm dan jarak sumbu rodanya berukuran 1.325 mm. Nah yang paling menarik, All New Yamaha R15 menawarkan desain headlamp baru yang terlihat lebih tipis dan memakai lampu Full LED.

Untuk sementara waktu tersedia tiga pilihan warna yang terdiri dari merah, hitam, dan biru. Ketiganya terlihat sporty dengan balutan bodi full fairing yang memiliki lekukan tajam disetiap sisinya. Sayangnya buntu All New R15 terasa kurang greget dan terlihat kurang lancip dibandingkan pendahulunya. Untungnya pada bagian belakang telah terpasang Banana Swing Arm yang menambah kesan sporty motor sport 150cc tersebut. Sedangkan untuk bagian depan, All New Yamaha R15 mengadopsi suspensi depan UpSide Down yang memiliki diameter 37 mm.

 

Perfoma Mesin

All New Yamaha R15 menjadi motor sport 150cc paling powerfull saat ini. Performanya mampu menandingi Suzuki GSX-R150, karena tenaga puncak yang dikeluarkan mencapai 14.3 KW atau setara 19.3 Horsepower pada 10.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya menembus 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Kemampuan ini tak lepas dari pemakaian mesin SOHC berkapasitas 155.1cc yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi VVA pertama kali dipakai Yamaha NMAX 155, dan terbukti menghasilkan tenaga sangat besar, namun tetap irit bahan bakar.

Jangan heran apabila harga All New Yamaha R15 dibanderol lebih mahal dibandingkan Yamaha R15 generasi sebelumnya. Pasanya, motor ini menawarkan tenaga terbesar di kelasnya dan telah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch yang berguna untuk menghaluskan permidahan gigi dan meningkatkan kecepatan akselerasi. Selain itu, tersedia pula sistem pembakaran Fuel Injection yang menjadi standar wajib motor sport saat ini. Lalu ada pula sistem pendingin Liquid Cooled yang membuat kinerja mesin tetap optimal ketika digeber pada top speed maksimal.

Suspensi

All New Yamaha R15 akan berlari sangat kencang dan mengalahkan lawan-lawannya dikelas 150cc. Untuk mengimbangi performanya, Yamaha menyediakan suspensi depan UpSide Down dengan diameter 37mm. Suspensi tersebut akan meningkatan kestabilan All New R15, sehingga penggunananya bisa berkendara dengan sangat nyaman. Sebanding dengan harga All New Yamaha R15, motor ini juga dilengkapi cakram depan berukuran 283 mm yang membuat sistem pengeremannya semakin maksimal.

Pada bagian belakang juga terpasang rem cakram yang berpadu dengan velg sporty dengan ban berukuran 140/70-17. Sedangkan untuk bagian depan, Yamaha All New R15 memiliki ban berukuran 100/80-17. Lalu ada pula rangka Delta Box yang membentang pada setiap sisi All New R15. Sayangnya Yamaha tak melakukan inovasi pada bagian knalpot, jadi lebih baik sobat menggantinya dengan knalpot after market yang memiliki desain lebih keren dan suara lebih menggelar dibandingkan knalpot standar bawaan pabrik.

Fitur Kelengkapan

All New Yamaha R15 dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Dimana fitur Assist akan membuat pengoperasian kopling All New R15 menjadi lebih ringan. Sedangkan fitur Slipper Clutch akan memperhalus perpindahan gigi, sehingga kemampuan akselerasi All New R15 semakin cepat. Selain itu, tersedia pula fitur Speedometer Full Digital dilengkapi fitur shift timing light yang berguna untuk memberitahukan posisi gigi serta speedometer tersebut bisa kita setting sesuai selera. Lalu pada bagian depan serta belakang telah terpasang lampu LED dengan Hazard yang siap memberikan penerangan secara maksimal.

Tak perlu diragukan lagi performa All New Yamaha R15, karena sudah dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi VVA akan berpadu dengan mesin berkapasitas 155.1cc yang berhasil mengeluarkan tenaga terbesar dikelasnya. Semoga hal ini tak membuat harga All New Yamaha R15 dibanderol lebih mahal. Namun motor ini memiliki suspensi UpSide Down dan desain baru yang lebih segar, sehingga otomatis akan meningkatkan harga jual All New Yamaha R15.

PESAN SEKARANG

R6

Spesifikasi Yamaha R6
Mesin ·         Tipe Mesin : Forward-inclined parallel 4- cylinder, 4 Valves, DOHC, Liquid Cooled

·         Volume Silinder : 599 cc

·         Silinder :  4 silinder

·         Diameter x Langkah :  67.0 mm x 42.5 mm

·         Perbandingan Kompresi : 13.1 : 1

·         Daya Maksimum : 91.0 kW / 14.500 rpm

·         TorsiMaksimum : 65.7 Nm / 10.500 rpm

·         Sistem Strarter : Electric starter

·         Sistem Pelumasan : Basah

·         Sistem Pembakaran : Electronic Fuel Injection dengan teknologi YCC-T dan YCC-I

·         Tipe Kopling : Multiplate Slipper Clucth

·         Sistem Transmisi : 6 speed

·         Final Transmision : Chain

Dimensi ·         PxLxT : 2.040 mm X 705 mm X 1.095 mm

·         Berat Basah Motor : 189 kg

·         Jarak Sumbu Roda : 1.375 mm

·         Jarak terendah ke tanah : 130 mm

·         Tinggi Jok : 850 mm

·         Kapasitas tangki  BBM : 17 Liter

·         Kapasitas tangki Oil : 3,4 Liter

Rangka ·         Tipe Rangka : Deltabox Alumunium

·         Suspensi Depan : Upside-down telescopic fork 41 mm

·         Font travel : 115 mm

·         Caster angle : 24 derajat

·         Trail : 97 mm

·         Suspensi Belakang : Swing Arm, Link suspension (mono shock)

·         Rear travel : 120 mm

·         Ban Depan : 120/70ZR 17M/C (58W)

·         Ban Belakang : 180/55ZR 17M/C (73W)

·         Rem Depan : Hydraulic dual disc brake, diameter 310 mm

·         Rem Belakang : Hydraulic Single disc brake, diameter 220 mm

Kelistrikan Sistem Pengapian : TCI ( digital )

 

Disain dan Dimensi

Hadir dengan disain full fairing yang lebih sporty dan juga futuristik menjadikan motor yamaha r6 ini makin terlihat gagah dan berani. Hal ini terlihat jelas pada bentuk disain headlamp depan yang tajam dan memberikan kesan garang pada motor yamaha r6 ini. Sementara itu disain full fairing ini telah menyelimuti bagian rangka dari motor sport ini, sehingga motor sport ini makin terlihat lebih elegan. Selain itu jika kita melihat motor sport ini dari sebelah kanan anda akan disajikan dengan disain knalpot yang sporty berjenis Titanium.

Lalu disain full faring dari yamaha ini di apdukan dengan dimensi yang berukuran 2.040 mm x 705 mm x 1.095 mm dengan jarak antar sumbu roda berkisar 1.375 mm. Motor yamaha r6 ini memang terlihat cukup besar tapi nyatanya yamaha r6 ini hanya memiliki bobot yang mencapai 189 kg, dengan berat seperti ini motor yamaha r6 terbilang lebih ringan di banding dengan yamaha r1 yang mamiliki bobot yang mencapai 199 kg. Yamaha r6 juga di bekali dengan tangki BBM yang besar, sehingga mampu menampung sekitar 17 liter bahan bakar.

Tidak cukup sampai disitu motor yang memiliki akselerasi yang cepat ini juga di bekali denga jok yang empuk bagi pengendara maupaun bagi pemboncengnya. Dengan menggunakan jok yang memiliki tebal 850 mm, tempat duduk bagi pengendara dan pemboncengnya pun semakin empuk dan nyaman. Yamaha memang selalu mengutamakan kenyaman berkendara bagi para pengendara maupaun para pembncengnya. Sehingga jika harga yamaha r6 ini relatif mahal, konsumen setia yamaha pasti akan tetap selalu memburu produk yamaha tesebut.

Perfoma Mesin

Dengan dibekali mesin motor yang berkapasitas 599 cc dengan memakai DOHC  serta 4 buah silinder yang dilengkapi dengan sistem pendinginan Liquid Cooled, akselerasi yang dihasilkan pun cukup lumayan cepat. Apalagi motor yamaha r6 ini dilengkapi dengan teknologi cangih dari yamaha yakni YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) dan YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intek), dan kedua teknologi canggih tersebut telah digunakan dalam motor-motor di ajang balap motor Gp.

Dengan berbekal kapasitas mein yang cukup tinggi serta penerapan teknologi canggih dari yamaha. yamaha r6 ini mampu berakselerasi dengan cepat. Smentara itu yamaha r6 ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 91.0 kW dengan perputaran pada mesinnya mencapai 14.500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimum yang dihasilkan adalah sekitar 65.7 Nm dengan perputaran mensin hingga 10.500 rpm. Dan dengan perbandingan koparasi sebesar itu yamaha r6 ini mampu melesat dengan kecepatan maksimum sebesar 238 km/jam.

Rangka dan Suspensi

Dalam sebuah kendaraan rangka adalah sebuah spesifikasi yang sangat penting untuk menopang berbagi fitur yang ada serta memberikan kestabilan motor dalam melakukan manuver. Maka dari itu sertiap produsen kendaraan bermotor pasti membekali dengan jenis rangka-rangka yang kuat. Seperti yamaha r6 ini telah dibekali dengan jenis rangka Deltabox Alumunium, yang merupakan sebuah rangka yang kuat di kelas motor sportbike. Kerangka jenis ini juga telah biasa digunakan oleh motor-motor balap di ajang motor Gp. Jadi dengan penerapan jenis spesifikasi semacam itu tidak heran jika harga yamaha r6 ini terbilang cukup mahal.

Dan sebagai motor sportbike yang memiliki kecepatan yang tinggi, sistem kenyamanan pada yamaha r6 ini pun sangat di utamakan. Ini terlihat jelas dengan jenis suspensi yang digunakan pada motor ini, pada bagian depan motor yamaha r6 telah terpasang suspensi dengan jenis Upside-down telescopic fork 41 mm. Sedangkan untuk bagian belakang motor ini telah terpasang suspensi dengan jenis Swing Arm, Link Suspensioan (mono shock). Kedua jenis suspensi tersebut mampu meredam getaran yang terjadi pada motor yamaha r6, sehingga tingkat kenyamana motor ini makin nyaman untuk dikendarai meskipun melewati jalanan yang bergelombang.

Sistem Pengereman

Tidak sampai disitu saja, karena motor ini merupakan motor sportbike yang memiliki perfoma mesin yang tangguh dan handal, tidak sebanding rasanya jika yamaha hanya membekali dengan sistem pengereman biasa-biasa saja. Maka dari itu yamaha melengkapinya dengan rem cakram ganda yang berukuran 310 mm, kaliper radial-mount 4 piston untuk bagian depan dan untuk bagian belaknganya terpasang rem cakram tunggal yang berukuran 220mm, kaliber single-piston. Dan kedua rem cakram tersebut terpasang apik pada roda dengan ukuran 120/70 ZR 17 M/C (58W) untuk ukuran ban depannya, sedang untuk bagian roda belakangnya memiliki ukuran ban 180/55 ZR 17 M/C (73W).

PESAN SEKARANG

MT-09

Spesifikasi Yamaha  MT-09
Mesin ·         Tipe Mesin : 3 cylinder, Liquid Cooled, 4 -stroke, DOHC, 4 Valves

·         Kapasitas mesin : 850 cc

·         Diameter x Langkah :  78,0 mm x 59.1 mm

·         Perbandingan Kompresi : 11,5 : 1

·         Daya Maksimum : 84,6 kW / 10.000 rpm

·         Torsi : 87,5 Nm / 8.500 rpm

·          Sistem Strarter : Elektrik starter

·         Sistem Pelumasan : Basah

·         Kapasitas Oli Mesin : 3,4 liter

·         Sistem Pembakaran : Fuel Injection

·         Tipe Kopling : Basah Kopling manual, Multiplat

·         Tipe Starter : Electric

Dimensi ·         PxLxT : 2.075 mm X 815 mm X 1.135 mm

·         Berat Kosong : 188 kg/ABS : 191 kg

·         Jarak Sumbu Roda : 1.440 mm

·         Jarak terendah ke tanah : 135 mm

·         Tinggi Tempat Duduk : 815 mm

·         Kapasitas tangki BBM : 14 L

Rangka ·         Tipe Rangka : Diamond

·         Suspensi Depan : Teleskopik

·         Suspensi Belakang : Swing Arm

·         Ban Depan : 120/70Z R17M/C (58W)

·         Ban Belakang : 180/55 ZR R17M/C (73w)

·         Rem Depan : Hydraulic Dual Disc , 298 mm

·         Rem Belakang : Hydraulic Single Disc, 245 mm

Kelistrikan Sistem Pengapian : TCI

Disain Body Yang Simple

Untuk segi disain motor yamaha MT-09 ini, dibuat dan dirancang dengan bentuk body yang simple yang akan menjadikan motor ini terlihat lebih gagah serta lebih elegan. Selain itu jika kita melihat dari arah depan motor  ini sangat terlihat sangar karena pada bagian depan motor besar ini di lengkapi dengan headlamp yang dibuat mengecil lengkap dengan pencahayaan yang terang. Pada sektor headlamp ini yamaha MT-09 dilengkapi dengan jenis lampu LED yang mampu menghasilkan pencahayaan yang lebih terang dibandingkan lampu biasa.

Disamping itu pada tangki yamaha MT-09 ini dibuat bertestur yang menjadikan motor ini terlihat lebih sporty sebagai motor besar. Dan beralaih kebagian belakang motor ini, pada bagian belakang motor ini terdapat jok yang dibuat meruncing dengan ketinggian yang mencapai 25 derajat lengkap dengan spatbor khas moge. Dan untuk spatbor yang terpasang pada motor yamaha MT-09 ini memiliki ukuran yang mini yang menjadikan bagian belakng motor ini terkesan klebih sporty.

Sementara itu pada yamaha MT-09 ini juga terdapat spedometer digital yang futuristik, yang berfungsi untuk memberikan informasi secara lengkap kapada sang pengendara. Dan spedometer digital ini akan menapilkan informasi tentang indikator kecepatan, trip meter, lampu utama, lampu sein dan indikator lainnya yang menunjukan keadaan mesin. Dengan lengkapnya fitur-fitur yang ada pada yamaha MT-09 ini, pantas saja jika harga yamaha MT-09 ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal dikelas motor gede.

Dapur Pacu yang Tangguh

Selain memiliki disain body yang gagah dan keren, ternyata pada sektor dapur pacu motor yamaha MT-09 ini memiliki perfoma mesin yang tangguh dan handal. Ini terbukti dengan dipakainya mesin yang berkapasitas besar yakni 847 cc , dengan 3 silinder, 4 tak, 4 katup, DOHC dengan sistem pendinginan berupa Liquid Cooled. Selain itu dengan memiliki ukuran diameter piston dan stroke yang masing-masing berukuran 78 mm x 59,1 mm dengan di sertai perbandingan kompresi mesin 11,5 : 1 , membuat motor yamaha MT-09 ini mampu berakselerasi dengan cepat dengan kecepatan maksimum yang mampu dicapai adalah hingga kiasaran angka 225 km/jam.

Dengan kapasitas serta pebandingan kompresi mesin seperti itu, yamaha MT-09 ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 84,6 Kw dengan putaran pada mesin mencapai 10.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maskimum yang mampu dihasilkan adalah 87,5 Nm dengan putaran mesin yang mencapai 8.500 rpm. Sementara itu dengan spesifikasi mesin seperti itu yamaha MT-09 ini disinyalir mampu melesat dengan kecepatan tinggi. Ini dibuktikan pada suatu uji coba yang dilakukan oleh pihak yamaha, yakni untuk menempuh jarak dari 0 hingga 100 meter hanya membutuhkan waktu sekitar 3,4 detik saja.

Selain itu yamaha MT-09 ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih Fuel Injection sebagai penyuplai bahan bakarnya. Dan pada yamaha MT-09 ini juga terdapat teknologi Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT) yang diusung dari sodara super sportnya yakni YZF-R. Dengan penerapan kedua teknologi tersebut, yamaha MT-09 ini manjadi lebih efisiensi dalam mengkonsumsi bahan bakar. Sementara itu dengan adanya kedua teknologi canggih tersebut sanagt pantas jika harga yamaha MT-09 ini dibanderol dengan harga yang reletif mahal. Dan kisaran harga tersebut sangat sebanding dengan apa yang ditawarkan oleh yamaha MT-09 kepada para konsumennya.

Sistem Rangka, Dimensi dan Suspensi

Sebagai motor naked dari yamaha, motor yamaha MT-09 ini juga di lengkapi dengan sistem rangka yang kuat bersetandart dunia. Hal ini terlihat jelas dengan jenis rangka yang digunakannya, dengan mengunakan jenis rangka Diamond, rangka ini mampu menopang dengan kuat semua komponen yang terdapat pada yamaha MT-09. Pada rangka yang kuat ini terdapat dimensi yang berukuraan 2.075 mm x 815 mm x 1.135 mm dengan jarak antara sumbu roda mencapai 1.440 mm. Selain itu yamaha MT-09 ini juga memiliki berat kosong hingga 188 kg dan untuk ABS 191 kg dengan disertai tangki BBM yang mampu menampung sekitar 14 liter bahan bakar.

Dan untuk sistem kenyamanan yamaha MT-09 ini melengkapinya dengan sistem suspensi yang sangat mempuni dikelasnya. Jika kita lihat pada sektor bagian depan motar yamaha MT-09 ini akan terlihat satu pasang suspensi depan yang berjenis Teleskopik, yang terpasang rapi di bagian depan motor ini. Sementara itu pada bagian belakang motor ini yamaha mengandalkan suspensi dengan jenis Swing Arm yang akan memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi pada sektor belakang motor ini. Dan kedua suspensi tersebut mampu bekerja dengan baik yakni mampu meredam getaran yang terjadi pada motor ini, meskipun melewati jalanan yang bergelombang.

Sistem Pengereman

Dengan mengusung kapasitas mesin  yang cukup besar, motor yamaha MT-09 ini mampu melesat dengan kecepatan yang tinggi. Dan untuk menghentikan kecapatn dari yamaha MT-09 ini yamaha melengkapinya dengan sistem pengereman yang memiliki level tinggi.  Dengan memasang jenis rem Hydroulic Dual Disc dengan diameter 298 mm pada bagian depan motor ini dan Hydroulic Single Disc dengan diameter 245 mm pada bagian belakang, motor yamaha MT-09 mampu melakukan pengereman secara sempurna. Dan kedua jenis rem tersebut juga akan bekerja dengan baik jika digunakan dengan cara yang benar.

Sementara itu kedua rem cakram tersebut terpasang pada kedua rodanya yang masing-masing memiliki ukuran 120/70 Z R17M/C untuk roda bagian depannya dan untuk bagian belakang motor ini memiliki ukuran 180/55 Z R17M/C dengan jenis ban yang digunakan adalah ban berjenis Tubeless. Ban tubeless ini merupakan jenis ban yang awet dan tidak mudah bocor, dan jika di bandingkan dengan ban biasa kulitas ban berjenis tubeless ini lebih terjamin mutunya. Jadi tidak hayal jika harga yamaha MT-09 ini mampu menembus kisaran anggka sekitar Rp 200n juta ke atas, harga tersebut merupakan harga yang patut untuk kelas motor besar seperti Yamaha MT-09.

PESAN SEKARANG

Show Buttons
Hide Buttons