Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

Sebentar lagi, Muslim sama-sama akan merayakan Idul Adha yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah. Meskipun tiap tahun kita bertemu dengan Idul Adha, akan tetapi banyak diantara kita yang belum mengetahui amalan-amalan apa saja yang dapat menambah pahala kamu. Berikut amalan-amalan sunnah sebelum Idul Adha :

1.Melaksanakan Puasa Arafah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Sebelum hari itu tiba, di sunnahkan untuk menjalankan puasa Sunnah Arafah yang dapat kamu laksanakan sehari sebelum Idul Adha. Puasa Arafah dilaksanakan bagi mereka yang tidak melakukan wuquf di Arafah. Banyak sekali keutamaan melaksanakan puasa Arafah salah satunya adalah dapat menghapuskan dosa, membebaskan diri dari api neraka dan lain sebagainya. Seperti yang dijelaskan dalam hadist “Puasa arafah menggugurkan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang” (HR. Muslim)

2.Melafalkan Takbir, Tahlil dan Tahmid

Disunnahkan untuk mengumandangkan takbir di masjid-masjid atau di mushala dimulai dari terbenamnya matahari sampai keesokan harinya imam naik ke mimbar untu memberikan khutbah hari raya Idul Adha. Namun, bukan berarti kita yang berada dirumah hanya diam saja. Takbir juga boleh dikumandangkan sejak keluar rumah menuju tempat shalat hingga shalat Ied akan didirikan.

3.Mandi dan Berhias sebelum Shalat Ied

Disunnahkan untuk menjaga dan menyempurnakan kebersihan anggota tubuh kita. Pastinya, kita harus menyambut hari raya Idul Adha dengan diri yang bersih dan pastinya pakailah pakaian terbaikmu.

4.Tidak makan sebelum Sholat Ied

Dianjurkan untuk tidak makan sebelum shalat Ied yang berdasar kepada Sabda Nabi Muhammad Sar, “Bahwa Nabi SAW tidak berangkat shalat di hari raya Ied Fitri kecuali makan dahulu, dan beliau tidak makan pada hari raya Ied Adha melainkan setelah selesai Ied.” (HR. Tirmizi, Ibn Majah dan Ahmad)

5.Hadir Shalat Ied Adha

Shalat Ied dianjurkan bagi pria dan wanita. Bagi wanita yang sedang berada pada masa haid, kamu tetap bisa datang dan menyaksikan kebaikan dan menghadiri doa bersama.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Show Buttons
Hide Buttons