Waspada Banyak Beredar Uang Palsu! Baca tips ini!

Waspada Banyak Beredar Uang Palsu! Baca tips ini!

Bagi-bagi THR dengan pecahanan nominal tertentu memang sudah menjadi tradisi wajib saat Hari raya Idul Fitri tiba. Namun, tidak jarang oknum-oknum nakal yang mengedarkan uang palsu. Uang palsu tersebt mungkin saja ada disekitar kita, namun tidak disadari keberadaannya. Tidak maukan jika harus berurusan dengan polisi?

Untuk itu kita harus jeli dan waspada untuk selalu memeriksa apakah uang yang kita terima adalah uang asli atau bukan. Seperti yang sudah kita ketahui, kita dapat menerapkan teknik 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) teknik ini sebagai langkah utama dalam mengecek uang palsu. Nah, kita juga harus mengetahui apa saja yang membedakan uang palsu dengan uang asli.

Berikut adalah hal-hal yang membedakan uang palsu dengan uang asli yang resmi dikeluarkan oleh Bank Indonesia :

1.Tampilan

Hal yang paling pertama adalah bedanya antara uang palsu dengan yang asli adalah tampilan uang itu sendiri, dapat dilihat secara kasat mata. Mulai dari perbedaan warna yang lebih pucah dan kusam dibandingkan uang yang asli. Selain itu, uang palsu juga akan luntur warnanya apabila terkena air.

Perbedaan lain juga dilihat dari benang pengaman pada uang tersebut, dimana uang yang asli memiliki benang pengaman yang dapat berubah warna. Perubahan ini terjadi karena tinta pigmen yang khusus.

2.Bagian Pita

Coba perhatikan pada bagian pita uang. Pada uang asli akan terlihat dengan jelas tulisan “Negara Kesatuan Republik Indonesia” tercetak diatas pita dan menyatu dengan baik. Nah, berbeda dengan uang palsu, tulisannya seakan tertindih oleh pita.

3.Gambar Timbul Air

Cek uang dengan di terawang. Pada uang asli, gambal timbul air akan tampak jelas gambar pahlawan. Namun sebaliknya, pada uang palsu gambar ini tampak buram dan tidak jelas.

4.Tekstur Pada Kertas

Hal selanjutnya yang dapat dijadikan pembeda uang palsu dan uang asli adalah tekstur kertas pada uang tersebut. Uang yang asli jika diraba maka teksturnya akan terasa lebih kasar dibanding uang palsu. Uang palsu biasanya lebih halus dan tipis dibandingkan dengan uang asli. Mungkin, akan sama seperti kertas HVS atau kertas biasa.

5.Tulisan Bank Indonesia dan Nominal

Pada uang asli, cetakan tulisan “Bank Indonesia” dan nominal tampak jelas berada dalam sebuah trapesium dengan titik putih. Namun, pada uang palsu, tulisan ini terlihat buram.

Itulah tadi beberapa cara mudah udah menghindari dari oknum-oknum nakal pengendar uang palsu. Semoga tips ini bermanfaat dan semoga kamu terhindari dari uang palsu.

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of
Show Buttons
Hide Buttons