Tips Mendidik Anak Menjadi Penghafal Al-Qur’an

Tips Mendidik Anak Menjadi Penghafal Al-Qur’an

Mendidik Anak Menjadi Penghafal Al-Qur’an

Tips Mendidik Anak Menjadi Penghafal Al-Qur’an. Pastinya banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang hafidz. Bagaimana tidak? Sungguh hal yang luar biasa balasannya jika anak yang kita didik bisa menjadi hafidz Al-Qur’an. Seperti yang dijelaskan Buraidah Al Aslami r.a. Ia berkata bahwasanya ia mendengar Rasulullah bersabda, “sementara itu, kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat dibayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang itu lalu bertanya, ‘kenapa kami diberi dengan pakaian begini?’ kemudian dijawab, ‘karena anakmu hafal Al-Qur’an.” (HR. Ahmad)

Lalu bagaimana cara bagi orang tua yang menginginkan anaknya menjadi hafidz? Ini dia, tips cara mendidik anak agar menjadi seorang hafiz.

Simak ulasan tips mendidik anak menjadi penghafal al-qur’an berikut ini.

1. Memulai dari yang halal

Syarat yang paling utama adalah memastikan asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh sang anak. Pastinya, orang tua harus memberikan makanan dan minuman yang bersifat halal. Seperti yang dijelaskan pada hadits berikut “Wahai, Sa’ad. Perbaikilah makananmu, makanlah dari makanan yang baik-baik, niscaya kamu akan menjadi orang yang mustajab doanya,” (H.R Thabrani)

2. Mendengarkan lantunan Al-Qur’an

Selain memberikan asupan yang halal dan baik, langkah yang selanjutnya adalah mengenalkan Al-Qur’an sejak dini. Dari mendengar kan anak Murottal Al-Qur’an. Cari ini dipercaya dapat melatih anak mengenal dan mengingat lantunan ayat-ayat Al-Qur’an. Apalagi, anak memiliki daya serap yang baik.

3. Jadilah orang tua yang dapat dijadikan contoh untuk anak

Tidak hanya anak saja, orang tua juga harus selalu mengasah pengetahuannya untuk nantinya diberikan kepada anak. Percaya atau tidak, hal yang dilakukan anak sebagian besar adalah cerminan dari orang tuanya. Lalu bagaimana supaya kita menjadi contoh bagi anak? Terus menghafal!

4. Cari Cara mengajar yang menyenangkan

Masa anak-anak pastinya tidak terlepas dari bermain. Nah, sebagai orangtua, kita perlu membuat strategi agar anak bisa menghafal namun tetap bisa bermain. Orang tua bisa menggunakan metode pembelajaran yang unik.

5. Berikan apresiasi setiap kali anak berhasil menghafal

Berikan apresiasi sehingga anak selalu bersemangat untuk menghafal. Jadi jika ingin anak cepat menghafal, orang tua dapat mencoba dengan mengapresiasinya.

6. Konsisten

Anak-anak pasti mempunyai keunikan sendiri. Ada saatnya ia malas dan ada saatnya ia bersemangat untuk menghafal. Jangan marah! Jika anak kita sedang tidak bersemangat untuk menghafal Al-Qur’an, kita harus memberikan sesuatu yang membuatnya semangat. Selalu konsisten meskipun dalam kondisi anak sedang malas, kita tetap bisa memberikan pembelajaran dengan cara mendengarkan murottal.

Baca juga : Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Show Buttons
Hide Buttons